KPU Kabupaten Labuhanbatu Launching Website Bagi Penyandang Disabilitas

Anak Labuhanbatu - KPU Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan launching website aksesibilitas bagi penyandang disabilitas berbasis audio, pilihan warna dan pilihan teks, Selasa (14/3) di jalan WR Supratman no 52 Rantauprapat.
Ketua KPU Labuhanbatu, Hj Ira Wirtati dalam sambutannya mengatakan, pembuatan program website itu jika melihat regulasi khususnya keterbukaan informasi publik maupun peraturan KPU serta lembaga selaku pelayanan dan pemberi informasi kepada masyarakat, terkhusus audio.
“Artinya, KPU berkewajiban memberikan informasi pelayanan akses kepada publik khususnya di laman KPU, walaupun selama ini kami sudah punya website. Tujuannya, masyarakat dimana saja dan kapan saja dapat mengakses data apapun,” ujarnya.
Apalagi sebutnya, sebuah kreasi ini merupakan upaya menyamakan hak yang sama terhadap penyandang disabilitas. Sehingga pemilih yang bermasalah dapat mendengarkan ataupun memperoleh informasi terkait demokrasi informasi.
Mereka berharap, dengan adanya website tersebut kedepan informasi dapat dengan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat umum. Kedepan pihaknya akan melanjutkan dengan program website bahasa dari berbagai suku dan etnis.
KPU Labuhanbatu lanjut Hj Ira Wirtati, program terbaru akan mereka kembangkan demi kebutuhan mudahnya menerima informasi yang dibutuhkan semua kalangan pada setiap agenda demokrasi, terlebih akan hadirnya Pilgub Sumut tahun 2018.
“Kehadiran website ini diharapkan mampu mensosialisasikan kegiatan pemilu dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. Kami juga terbuka menerima masukan deni semakin baiknya keberadaan website ini,” harapnya.
Sementara, Assisten II Pemkab Labuhanbatu, H Hasrullah memberikan apresiasi sekaitan program KPU itu. “Ini juga merupakan amanah Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 sekaligus mengoptimalkan penyebaran informasi kepada publik.
“Hari ini KPU berhasil meluncurkan website terbaru dan dengan aplikasi ini memudahkan kaum disabilitas dalam mencari informasi. Kami sangat mengapresiasi terhadap kreasi dan layanan dalam memberikan info kepada masyarakat,” katanya.
Pemerintah juga sambungnya, berharap partisipasi pemilih khususnya penyandang disabilitas semakin meningkat pada agenda pemilu mendatang. “Semoga website ini semakin lebih baik,” harapnya.
Sebelumnya, seorang tokoh masyarakat, Bukhori Iskandar mengaku, selaku tokoh pendidikan dirinya merasa bergembira dan bahagia dengan adanya website. Karena kapanpun dan dimanapun masyarakat memerlukan data dapat diakses secara benar dan akurat.
Sebab ujarnya, data benar akan sangat membangun dalam berbagai pihak sekaligus dirinya mengatakan dukungan atas peluncuran program website.
“Khususnya kami dari kalangan pendidik yang nantinya akan menjadikan sumber penelitian data-data yang diperoleh. Kami berharap, semakin hari KPU Labuhanbatu semakin bagus untuk kita semua,” tuturnya.

Popular posts from this blog

Ada Pesawat di Dalam Kampus Politeknik Negeri Medan (Polmed)

Legenda Pulau Si Kantan di Labuhan Batu

Wisata Pemandian Alam Sampuran (Labuhanbatu Selatan)